Skincare Routine : Untuk Kulit Kombinasi

by - 2:47 PM

Merawat kulit adalah suatu kebutuhan, agar kulit senantiasa sehat. Walaupun kulit aku jauh dari kata sempurna dan banyak sekali kekurangan, Tapi aku mau Share ke kalian soal Skincare Routine aku.


For your Information, tipe kulitku adalah Kombinasi, Berminyak didaerah T tapi terasa kering (dehidrasi), dibagian lain terasa kering terutama dibagian tulang pipi, untuk sekarang kulitku memiliki bruntusan di dahi dan dagu. Aku harap Skincare Routine aku bisa membantu kalian yang mempunyai masalah kulit sepertiku.

Kali ini aku mau bahas semuanya, mulai morning routine, night routine sampai weekly routine. Rutinitas ini sudah aku jalankan mulai bulan Februari 2018, jadi sampai tulisan ini dibuat sudah masuk bulan ke-tiga. 
Morning Routine: clean - toner - moisturize -protect  


#1 Clean 
Sebenarnya dipagi hari aku jarang menggunakan face wash, karena aku merasa nyaman aja gak cuci muka pakai sabun. Aku pilih Himalaya Puriyfing Neem Face Wash karena cocok untuk kulit berjerawat tetapi tidak membuat kering, karena bebas SLS dan setelah cuci muka rasanya licin.

#2 Toner
Setelah cuci muka, aplikasikan toner untuk mengembalikan PH kulit. Aku menggunakan Bragg Apple Cider Vinegar sebagai toner. Cuka apel ini aku campur dulu dengan air 4 : 1 (4 Sendok air 1 Sendok Cuka) DIY toner ini aku gunakan dalam 1 minggu terus dibuang dan bikin yang baru lagi. Sangat membantu dalam mengurangi jerawat dan Bruntusan tapi baunya kurang enak.


#3 Moisturize
 Moisturizer sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit, kulit berminyakpun harus tetap pakai pelembab. Karena kulitku Combinasi, aku memilih pelembab yang ringan dan tidak lengket dikulit, yaitu Celebon My Aloe Juicy Gel. Aku sudah pernah review secara lengkap.


#4 Protect
Ini adalah hal paling penting, dan banyak orang melewatkan ini. Padahal dengan memakai Sunscreen kulit akan terlindungi dari efek buruk Matahari yang menyebabkan kulit terbakar, menggelap, flek hitam dll. Aku menggunakan Skin Aqua UV Moisture Milk Spf 50 Pa++, sedikit lengket saat pertama dioleskan kewajah, tetapi ditepuk tepuk saja sampai meresap, menurutku lebih enak yang Spf 50 daripada yang Spf 30.

 
Night Routine: clean - toner - moisturize - special care


#1 Clean 
Untuk malam hari aku mengguanakn 3 jenis Cleanser yaitu Milk Cleanser, Face Wash, Makeup Remover.
  • Jika Tidak pakai Makeup aku pakai Sariayu Milk Cleanser Kenanga
  • Jika pakai Makeup aku pakai Sariayu + Pixy Cleansing Express Brightening
  • Setelah pakai 2 produk diatas aku pakai  Himalaya Puriyfing Neem Face Wash
#2 Toner
  Untuk toner aku juga menggunakan cuka apel seperti toner pagi, bedanya konsentarasi cuka apelnya lebeh banyak yaitu 2 : 1 (2 Sendok air 1 Sendok cuka apel) sebagai exfolator karena cuka apel termasuk AHA.

Setelah menggunakan cuka apel sebagai toner, aku kembali memakai hydrating toner yaitu Hadalabo Ultimate Moisturizing Light Lotion sebenarnya ini untuk kulit berminyak, berfungsi memberikan kelembapan pada kulit agar kulit tidak dehidrasi.Aku memakainya sebanyak 3 layer tapi tetap saja berasa kurang lembab, tapi jika kulitku terlalu lembab bruntusan akan semakin parah.

 #3 Moisturize 
 Untuk pelembab dimalam hari, aku menggunakan Soothing gel lagi yaitu Nature Republic 92 % Aloevera, Terasa sangat dingin dikulit, dan membantu dalam penyembuhan bruntusan. Awalnya aku merasa tidak cocok pakai Nature Republic 92 % Aloevera karena sangat panas dikulit dan membuat tumbuh jerawat, mungkin saat itu kulitku lagi sensitif, tapi sekarang jadi produk andalan.


#4 Special Care 
Jika aku tidak menggunakan Moisturizer aku akan menggantinya dengan sleeping mask, Sleeping mask favoritku adalah Laneige Water Sleeping Mask, waktu bangun pagi aku merasakan kulitku menjadi lembab, cerah dan bercahaya. Kenapa aku tidak pakai setiap malam ? karena jika aku pakai tiap malam akan ada jerawat baru. 

Weekly Routine : exfoliate - mask 
#1 Exfoliate
aku tidak mempunyai produk scrub, tapi masker punya ku sudah ditambah scrub di dalamnya, aku menggunakannya 1 kali seminggu, biasanya waktu hari sabtu atau minggu. Produk yang aku gunakan ada 2 yaitu :
  • Freeman FeelingBeautiful Rejuvinating Cucumber + Pink Salt (baca disini)
  • Innisfree Real Peppermint mask (baca disini)
#2 Mask
aku mempunyai 2 buah masker, mud mask dan sheetmask, yang aku pakai sesuai dengan kondisi kulitku. Produk yang sering aku pakai yaitu :
  • Freeman FeelingBeautiful Detoxifying Charcoal + Black Sugar mask 
           Aku menggunakan ini jika kulitku sangat berminyak dan terasa kotor, setelah dibilas maka       wajah akan sangat sangat bersih.

  • Food A Holic 3D Shave Natural Pulp Mask (baca disini)
          Sheetmask dipakai jika kulit berasa kering dan butuh kelembapan dan cerah instan, favoritku adalah varian Aloevera dan Tomato. Harganya juga murah yaitu IDR 7000.
Semoga post kali ini membantu, share juga yuk skincare routine kalian. Apakah kalian juga pakai produk yang sama denganku ??   

You May Also Like

13 comments

  1. Jujur aku penasaran banget mo nyobain soothing gelnya nature republic soalnya lagi beruntusan belakangan ini.

    Coolatmoshpeer.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus ko kak, tapi alkoholnya lumayan tinggi dan harus pinter nyarinya banyak yg palsu, aku bahkan pernah dapat yg palsu nanti aku update

      Delete
  2. Wahh lengkap banget ya skin carenya. kulitku juga kombinasi, aku penasaran bgt sama Skin Aqua UV Moisture Milknya.

    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
  3. Wah syukur banget kamu cocok cuka apple. Aku nggak cocok loh pakai cuka apple... padahal perbandingannya sudah 10 : 1 (air:cuka)

    ReplyDelete
  4. Beli sheetmask 7k dmn ya kak hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli di shopee cari food a holic, sort aja psling murah

      Delete
  5. Mbak, klo dobel tonernya pake toner cuka apel sma toner dr nature republic bisa ga mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya bakal terlalu kering di kulit, karena toner nature republic itu ada alkohol denat, lebih baik di pisah aja pemakaiannya, terus di ganti toner yang lebih hydrating kya hadalabo misalnya

      Delete
  6. Kak kalau skin Aqua UV Moisture nya gak bikin beruntusan kak? Soalnya kulit aku rada sensitif gitu, bingung pake macam2 gak ada yang cocok.Yg ada malah kusam dan beruntusan kalau udh gak cocok gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. di aku sih tidak masalah, kulit kamu sensitif sama bahan apa? harus dikenali apa yang bikin tidak cocok.

      Delete
  7. Kalau misal pake dari 1 produk gitu bisa ga?? Misalnya produk emina yg combination.
    TOLONG DIJAWAB😟😟

    ReplyDelete
  8. itu abis pake toner cuka apel tunggu dulu brp menit apa gmn baru pake yg toner hadalabo?pliss respon msh gk ngertii☹️

    ReplyDelete
  9. Ka klo tonernya diganti viva face tonic bangkuang Bagus ga ya

    ReplyDelete